5 Aplikasi Download Video YouTube Gratis Terbaik 2022

YouTube memiliki beragam konten yang sangat menarik. Tidak jarang kita memerlukan konten video YouTube untuk berbagai keperluan. Di smartphone terdapat beberapa aplikasi download video YouTube yang bermanfaat agar dapat mengakses video secara offline.

Video dari YouTube dapat berfungsi untuk hiburan, belajar, pekerjaan, dan berbagai keperluan lain. Menyimpan video favorit atau konten penting membantu Anda menghemat kuota internet tentunya.

Aplikasi download video YouTube akan berguna apabila Anda ingin menyimpan video YouTube dan menonton secara offline dalam perjalanan jauh, presentasi kerja, tugas kuliah, dan beragam hal lainnya.

Rekomendasi Aplikasi Download Video YouTube Gratis

Rekomendasi Aplikasi Download Video YouTube Gratis
Rekomendasi Aplikasi Download Video YouTube Gratis

Anda bisa mengunduh video YouTube melalui aplikasi atau tanpa bantuan aplikasi. Namun pada smartphone, tentu akan lebih mudah jika menggunakan bantuan aplikasi download video YouTube.

Dari beragam aplikasi yang tersedia, Anda perlu berhati-hati memilihnya. Sebab cukup banyak aplikasi dengan spam iklan dan juga tidak aman bagi perangkat smartphone.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi download video YouTube yang populer dan aman untuk perangkat serta data Anda.

YouTube Go

YouTube Go
YouTube Go

YouTube Go merupakan aplikasi resmi yang berkembang di bawah Google untuk menyimpan video dari platform tersebut secara offline. Anda bisa menyimpan video favorit saat terhubung dengan internet dan dapat membukanya kembali meski tanpa koneksi internet.

Terdapat beberapa batasan pada aplikasi YouTube Go. Salah satunya Anda tidak dapat mengunduh atau akses secara offline konten dengan lisensi khusus.

Hal tersebut berhubungan dengan apresiasi dan royalti sebuah karya. Meski begitu, YouTube Go merupakan opsi paling aman dan legal untuk mengakses video YouTube secara offline. Anda bisa mengunduh YouTube Go langsung dari PlayStore dan AppStore.

Baca Juga:  Rekomendasi TikTok Downloader Terbaik Tanpa Watermark Wajib Dicoba

SaveFrom

SaveFrom
SaveFrom

Layanan SaveFrom dapat meberikan akses lebih luas dari YouTube Go. Anda dapat mengunduh seluruh video di YouTube melalui aplikasi ini. Bahkan Anda juga dapat memilih jenis file akhir yang akan disimpan.

Untuk menggunakan SaveFrom, Anda cukup mengunduh aplikasinya di halaman berikut ini. Lalu pasang aplikasi pada perangkat Anda. Proses unduhan dapat berlangsung dengan menyalin URL video yang menjadi target.

Selain melalui aplikasinya, SaveFrom juga memiliki layanan di halaman web resminya. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh video YouTube dengan singkat melalui layanan SaveFrom lain. Tata caranya antara lain:

  • Akses video YouTube melalui browser;
  • Buka address bar yang berisi link video;
  • Edit link video target;
  • Tambahkan teks “SS” di depan link “youtube.com/linkvideo”; dan
  • Tekan ‘Enter’.

Misal link video awal adalah “youtube.com/linkvideo”, maka setelah proses edit tersebut link baru akan menjadi “SSyoutube.com/linkvideo”. Kombinasi tersebut akan mengarahkan Anda ke halaman unduhan video secara otomatis.

TubeMate

TubeMate
TubeMate

Serupa dengan SaveFrom, aplikasi TubeMate juga menggunakan URL video YouTube untuk melakukan proses unduhan. Untuk memasang aplikasi TubeMate, Anda bisa mengakses link halaman berikut ini.

Setelah menuju ke halaman tersebut, pilih opsi link yang tersedia untuk memulai proses unduhan. Berikan akses dan pasang aplikasi pada smartphone Anda.

Jika telah terpasang, cara kerja aplikasi download video YouTube tersebut serupa dengan rekomendasi SaveFrom sebelumnya. Layanan TubeMate juga tidak mengenakan biaya.

VidMate

VidMate
VidMate

Aplikasi download video YouTube lainnya adalah VidMate. Aplikasi ini bahkan bisa mengunduh video tidak hanya dari YouTube. VidMate dapat juga berguna untuk download video dari platform lain.

Proses kerjanya serupa dengan memanfaatkan URL video target yang Anda salin ke dalam aplikasi VidMate. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di link berikut ini.

Baca Juga:  Baru! Cara Download Video TikTok Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Free Video Downloader

Free Video Downloader
Free Video Downloader

Aplikasi Free Video Downloader menjadi rekomendasi lain pada aplikasi dengan fungsi yang sama. Cara kerjanya juga serupa dengan aplikasi lain.

Tetapi Free Video Downloader terkenal lebih ringan dari sebagian besar rekomendasi lainnya. Layanan aplikasi tersebut juga tersedia di browser dan perangkat PC.

Penutup

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi download video YouTube oleh staincurup.ac.id. Manfaatkan aplikasi tersebut sesuai kebutuhan. Hindari penggunaan aplikasi untuk aktivitas pembajakan.

Resiko hukum pembajakan konten yang memiliki pembatasan akses akan menjadi tanggung jawab pengguna. Aplikasi dalam rekomendasi tidak terlibat tanggung jawab atas penggunaan setelahnya.