5 Game Sepak Bola Android Paling Seru, Dijamin Ketagihan!

Game sepak bola Android berkembang dengan berbagai tema, grafis, dan peran permainan yang semakin berbeda-beda. Dalam versi klasik, game sepak bola Android mengambil sudut pandang permainan seperti pada versi konsol dan komputer. Namun dalam perjalanannya, terdapat beberapa tema baru yang berkembang.

Sejumlah pengembang aplikasi Android mulai memiliki alternatif baru dalam game sepak bola Android. Beberapa permainan tersebut bahkan berkembang dengan tema yang unik dan memiliki karakternya sendiri. Hal tersebut tentu lumrah dengan tema sepak bola yang juga memiliki sangat banyak peminat di dunia.

Peran Dalam Game Sepak Bola Android

Peran Dalam Game Sepak Bola Android
Peran Dalam Game Sepak Bola Android

Game sepak bola Android umumnya berkembang dari permainan sepak bola di dunia nyata. Hal tersebut membuat pengembangannya juga memiliki banyak alternatif peran yang bisa menjadi pilihan. Sebab dalam industri sepak bola, terdapat berbagai sudut pandang yang berbeda yang mendukung permainan.

Dalam permainan sepak bola umum, sudut pandang pemain tentu menjadi pilihan utama dalam game. Tapi saat ini sudah mulai berkembang sudut pandang baru, seperti manajer, pemilik klub, sampai dengan karakter ciptaan developer game yang mengambil peran utama cerita. Hal tersebut membuat game sepak bola Android menjadi semakin menarik. Beberapa permainan justru memiliki cerita layaknya tema peperangan, drama, dan genre lainnya.

Peran Sebagai Pemain Sepak Bola Android

Versi paling umum peran user dalam game sepak bola Android tentu sebagai pemain sepak bola itu sendiri. Hal tersebut sudah cukup lama tersedia sejak era konsol game dan permainan komputer. Beberapa developer game juga berhasil mengadaptasi permainan konsol ke versi Android. Dalam game sepak bola Android dengan peran sebagai pemain, terdapat dua tipe permainan yang berkembang, antara lain:

Referensi Nyata

Pada permainan dengan referensi dunia sepak bola nyata, data pemain di dalam game merupakan data yang menyesuaikan liga-liga dunia. Data tersebut termasuk data pemain, tim, pelatih, stadion, dan berbagai atribut industri sepak bola di dunia nyata lainnya.

Permainan tipe ini mengutamakan pengalaman yang semirip mungkin dengan sensasi menyaksikan pertandingan sepak bola nyata. Dalam beberapa game Android juga user bisa mengembangkan tim pilihannya sendiri. Mode tersebut termasuk transfer, latihan, kompetisi, dan berbagai rutinitas tim lainnya.

Data Fiktif

Beberapa game Android bertema sepak bola justru cukup banyak yang mengembangkan permainan dengan data-data buatan. Data-data tersebut tidak memiliki relasi apapun dengan tim, pemain, dan industri sepak bola nyata. Hal tersebut terjadi biasanya karena alasan lisensi komersial yang cukup mahal.

Tetapi game sepak bola dengan data fiktif juga cukup menarik menjadi pilihan. Khususnya jika hanya menjadi pengisi waktu luang dan menyegarkan diri dari rutinitas. Permainan jenis ini juga umumnya memiliki ukuran aplikasi yang cukup ringan dan tidak membebani smartphone Anda.

Peran Sebagai Manajer Sepak Bola Android

Sejumlah game sepak bola Android juga berkembang dengan sudut pandang sebagai manajer tim. Peran tersebut tentu menawarkan pengalaman yang berbeda dari mayoritas game sepak bola klasik. Dalam tipe permainan ini, kamu bisa mengatur strategi secara lebih detail dari game dengan peran atlet.

Terdapat dua kategori utama dalam tipe game sepak bola dengan peran manajer, yakni pada batasan peran di dalam permainan. Terdapat game sepak bola yang berfokus pada strategi tim dan pemain. Sementara beberapa game lain memiliki peran lebih luas, termasuk finansial tim, pembangunan fasilitas tim, dan berbagai hal lainnya.

Kriteria Game Sepak Bola Android

Kriteria Game Sepak Bola Android
Kriteria Game Sepak Bola Android

Saat ini sudah sangat banyak game sepak bola yang tersedia secara resmi di Play Store. Permainan tersebut mayoritas dapat diunduh dengan gratis. Transaksi umumnya terjadi di dalam game untuk membeli item, transfer pemain, upgrade kemampuan, dan berbagai hal lain.

Dengan banyaknya pilihan game tersebut, tentu kamu tidak senang jika mendapatkan permainan yang ternyata berkualitas buruk. Maka dari itu, kamu harus paham beberapa kriteria umum game sepak bola yang seru untuk dimainkan. Adapun kriterianya adalah sebagai berikut.

Developer Game

Utamakan unduh dan instal game sepak bola dari developer yang sudah jelas reputasinya. Selain dengan mengenali brand developer tersebut, kamu juga bisa memeriksa ulasan permainan yang terdapat pada halaman aplikasi. Sebaiknya hindari memasang permainan dengan skor ulasan rendah dan banyak mendapat komentar negatif.

Pengelolaan Strategi

Pilih permainan dengan pengelolaan strategi tim sepak bola sesuai pengetahuan kamu. Masing-masing orang memiliki pendalaman berbeda tentang sepak bola. Kalau kamu termasuk orang yang tidak terlalu paham sepak bola dan hanya ingin menikmati permainan, pastinya jangan pilih game dengan strategi yang terlalu detail dan rumit.

Kontrol Permainan

Pilih game yang memiliki kontrol permainan jelas dan sederhana. Kontrol tersebut termasuk pada permainan utama, tampilan aplikasi yang jelas, dan cara menggunakan kemampuan pemain. Hindari game yang tidak membantu kamu menikmati permainan karena kontrol yang terlalu rumit.

Grafis Permainan

Tampilan yang tajam dan detail dari permainan tentu sangat menyenangkan dan memberi pengalaman yang seru. Cek ulasan tentang grafis sebelum mengunduh permainan. Bermain game dengan tampilan serba terbatas tentu tidak menyenangkan pada kategori apapun, tidak hanya sepak bola.

Game Sepak Bola Android

Game Sepak Bola Android
Game Sepak Bola Android

Terdapat ribuan game sepak bola di Play Store yang bisa kamu unduh dan mainkan. Masing-masing permainan memiliki keunggulan yang berbeda. Tapi kami mengulas dan merekomendasikan beberapa yang terbaik agar kamu bisa menikmati pengalaman seru pada masing-masing rekomendasi berikut ini.

FIFA Soccer

Game FIFA Soccer dikembangkan oleh developer Electronic Arts (EA). Permainan ini merupakan adaptasi versi Android dari game FIFA yang lebih dulu populer di konsol dan komputer. Game FIFA Soccer menawarkan pengalaman bermain serupa pada konsol dan komputer yang mengadaptasi data tim, pemain, dan atribut sepak bola dari dunia nyata.

Tidak hanya itu, game FIFA Soccer juga dapat dimainkan secara online. Kamu bisa mengembangkan tim menjadi klub dengan pemain-pemain bintang di dalam FIFA. Lalu berkompetisi dengan user FIFA lain dalam berbagai mode permainan. Game FIFA memiliki grafis, pengaturan, dan mode permainan yang sangat seru.

Dream League Soccer

Serupa dengan FIFA Soccer, game World Soccer League juga mengadopsi data pemain dan atribut sepak bola dari dunia nyata. Permainan ini dikembangkan oleh First Touch Games dan mendapat rating 4,0 melalui lebih dari enam juta pengguna di Play Store. Game World Soccer League bisa jadi alternatif untuk kamu yang menggunakan dengan sumber daya terbatas. Karena game ini lebih ringan dibanding FIFA Soccer.

World Soccer League

World Soccer League menjadi alternatif mode permainan klasik yang lebih ringan dari dua game sebelumnya. Namun game ini tidak mengadopsi data pemain dan atribut sepak bola di industri nyata. Sebagian besar data yang digunakan merupakan hasil kreasi developer untuk mengatasi kendala lisensi.

Game ini dikembangkan oleh developer mobirix. Meski memiliki kekurangan dari sisi data permainan, game ini tetap menyenangkan dan seru. Game World Soccer League sudah mendapat skor 4,2 dari lebih 2,3 juta ulasan pengguna. Jumlah yang cukup fantastis dengan keterbatasannya.

Soccer Super Star

Game Soccer Super Star memiliki mode permainan yang cukup unik dan berbeda dari kebanyakan game sepak bola klasik. Permainan ini tetap mengambil sudut pandang dan peran sebagai atlet sepak bola. Tetapi game dikemas melalui sebuah cerita dan situasi-situasi tertentu dalam pertandingan.

Dalam game ini, user diberikan kesempatan mengambil keputusan singkat dalam beberapa kondisi, contohnya opsi operan, eksekusi tendangan bebas, dan berbagai hal lain. Berbeda dengan mode klasik, permainan ini dikendalikan dengan sentuhan layar untuk membuat kurva. Kurva tersebut akan menjadi pergerakan atlet dan bola di dalam game.

Score! Hero

Score! Hero memiliki mode permainan serupa dengan Soccer Super Star. DI dalam game ini, user akan memainkan peran atlet sepak bola yang identitasnya dapat dikreasikan. Tokoh utama dalam game akan menjalani beberapa laga dan momen krusial. User bermain melalui kesempatan-kesempatan pada cerita tersebut.

Di dalam game ini, user akan terlibat dalam situasi serangan, serangan balik, kekalahan tim, dan berbagai momen lain. Game Score! Hero memberikan sudut pandang berbeda dari permainan sepak bola klasik yang sudah lebih dulu populer.

Top Eleven

Game Top Eleven menawarkan sudut pandang lain dalam permainan sepak bola. Dalam game Top Eleven, user justru akan berperan sebagai manajer tim. Berbagai hal seputar pengelolaan klub, rotasi pemain, kebijakan transfer, dan pekerjaan manajer lainnya menjadi menu utama dalam game ini.

Di dalam game ini, user juga bisa melakukan penyesuaian kostum, stadion, nama tim, dan berbagai hal lain. User juga bisa saling bertanding dengan tim yang sudah dikelola dan dikembangkan. Berbagai mode kompetisi juga tersedia dalam game Top Eleven.

Penutup

Demikian ulasan oleh staincurup.ac.id tentang game sepak bola Android dan sejumlah rekomendasinya. Pilih berbagai mode permainan dengan masing-masing sudut pandang dan peran di dalam game. Pertimbangkan beberapa hal penting dalam memilih game agar tidak kecewa saat mulai memainkan pertandingan sepak bola di dalamnya.