YouTube Music: Cara Menggunakan dan Keuntungannya

YouTube menjadi brand layanan berbagi video yang paling berkembang di dunia. Brand tersebut telah sangat banyak menelurkan produk turunan, seperti YouTube Music, YT Kids, dan YT Go.

Dalam rutinitasnya, YouTube Music merupakan salah satu yang cukup unik. Sebab aplikasi yang resmi dirilis YouTube tersebut mendedikasikan layanan khusus pada konten yang memiliki muatan utama audio, khususnya musik.

Hal tersebut tidak lain mengimbangi persaingan industri konten streaming beberapa waktu belakangan. YouTube dengan kekuatan kontennya bersaing dengan aplikasi streaming musik lainnya. Bahkan, saat ini YouTube Music dapat dikategorikan menjadi salah satu yang terbaik.

Seperti yang diketahui banyak orang, layanan YouTube juga menjadi sumber alternatif mendengarkan musik bagi banyak kalangan. Hal tersebut menjadi landasan berkembangnya layanan tersebut.

Tentang YouTube Music

Aplikasi YT Music serupa dengan berbagai layanan streaming musik lainnya. Namun sumber data utama layanan tersebut berasal dari YouTube reguler. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mendengarkan berbagai lagu favorit tanpa terjeda konten yang tidak dikehendaki.

Selain itu, layanan khusus musik tersebut juga tidak memiliki iklan seperti pada YouTube reguler. Hal tersebut tentu sangat menyenangkan bagi Anda yang hanya ingin mendengarkan musik saja.

Cara Menggunakan YouTube Music

Layanan khusus musik tersebut dapat Anda gunakan di perangkat komputer maupun smartphone. Berikut ulasan singkat penggunaan layanan streaming audio tersebut pada masing-masing perangkat.

Aplikasi Smartphone

Di perangkat smartphone, layanan YouTube Music berada pada aplikasi yang berbeda dengan layanan induknya. Untuk memasang aplikasi YouTube Music, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Hubungkan smartphone dengan internet;
  • Buka aplikasi Play Store;
  • Ketikkan ‘YouTube Music‘ pada kolom pencarian;
  • Tap ‘Install’ pada preview aplikasi;
  • Tunggu proses selesai.

Secara umum, layanan tersebut akan mengakses akun yang sama dengan layanan utamanya. Namun apabila memerlukan akses akun, Anda tetap bisa menggunakan akun dan email Google seperti biasa.

Setelah masuk ke akun yang sesuai, Anda bisa mengeksplorasi berbagai musik favorit di dalamnya. Anda juga bisa membuat playlist dan memutar lagu tanpa henti untuk menemai aktivitas.

Akses di Komputer dan Laptop

Seperti pada versi smartphone, layanan YT Music juga terletak pada domain yang berbeda dengan layanan utamanya. Untuk dapat menikmati layanan musik tanpa henti tersebut, Anda bisa mengikut langkah-langkah berikut.

Pada penggunaan pertama, umumnya Anda akan mendapatkan penawaran uji coba gratis selama satu bulan. Anda bisa menggunakan layanan tersebut untuk akses tanpa biaya. Langganan akan otomatis terhenti apabila Anda memutuskan untuk tidak bersedia membayar lebih lanjut.

Manfaat YouTube Music

Dengan akses dan data yang sangat kaya, brand YT Music menjadi layanan streaming musik paling kaya yang tersedia saat ini. Selain itu, terdapat manfaat lain yang dapat Anda nikmati dalam layanan tersebut, antara lain:

  • Opsi uji coba gratis 30 hari;
  • Katalog musik terlengkap;
  • Akses musik tanpa iklan;
  • Fokus hanya pada konten musik;
  • Tersedia berbagai alternatif musik unik; dan
  • Menyediakan fitur lirik dan rekomendasi.

Selain itu, layanan khusus musik tersebut juga dapat digunakan secara bersamaan dan terkoneksi langsung antara dua perangkat. Hal tersebut tentu sangat menarik untuk penggunaan di rumah, tempat kerja, dan ruang aktivitas lainnya.

Seperti berbagai layanan lainnya, layanan khusus musik juga dapat terkoneksi dengan smart tv. Sehingga akses kontennya menjadi semakin fleksibel.

Meski telah tersedia layanan YouTube Music, Anda juga tetap dapat menikmati konten musik pada layanan reguler tanpa biaya sama sekali.

Demikian beberapa cara menggunakan YouTube Music oleh staincurup.ac.id yang perlu Anda ketahui, serta berbagai manfaat menggunakannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.